Rpp kurikulum 2013 himpunan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                : SMP PENIDA KATAPANG
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/Semester             : VII/Satu
Materi Pokok                  : HIMPUNAN
Alokasi Waktu               :  20 jam @ 40 menit 
Jumlah Pertemuan seluruhnya: 8 pertemuan
Alokasi Waktu  pertemuan ke-1:  3 jam @ 40 menit  atau 120 menit

A.  Komptensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:
B.    
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya

·      Merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah;
·      Menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas dari guru
·      Menunjukkan sikap gigih (tidak mudah menyerah) dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan prsamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
·      Menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru
·      Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasil tugas
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.3 Memahami pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, oprasi himpunan, dan menunjukan contoh dan bukan contoh
·   Menyatakan masalah sehari-hari,dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
·   Menyatakan anggota dan bukan anggota himpunan.
·   Mengetahui macam-macam himpunan
·   Memahami relasi himpunan dan oprasi himpunan
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



C.   Tujuan Pembelajaran
Ø  Pertemuan Ke-1 dan ke-2
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu dan kelompok, siswa dapat:
1.    merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar himpunan;
2.    menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru;
3.    Menyatakan masalah sehari-hari,dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
4.    Menyatakan anggota dan bukan anggota himpunan.
5.    Mengetahui macam-macam himpunan
Ø  Pertemuan ke -3 dan ke-4
1.    merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar himpunan;
2.    menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru;
3.    dapat menyatakan notasi himpunan;
4.     dapat mengenal himpunan kosong dan notasinya;
5.     dapat menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan
Ø  Pertemuan ke -5 dan ke -6
1.    merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar himpunan;
2.    menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru;
3.    dapat menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan;
4.    dapat mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya;
5.    dapat menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan;
Ø  Pertemuan ke-7 dan ke-8
1.    merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar himpunan;
2.    menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru;
3.    dapat menjelaskan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya;
4.    dapat menjelaskan komplemen dari suatu himpunan;
5.    dapat menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn;
6.    dapat menyajikan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram Venn;
7.    dapat menyajikan komplemen suatu himpunan dengan diagram Venn;
D.  Materi Pembelajaran
Ø  Pertemuan Ke-1 dan ke 2
Memahami Konsep Himpunan dan diagram Venn
Himpunan adalah kumpulan benda atau objek yang dapat didefinisikan dengan jelas, sehingga dengan tepat dapat diketahui objek yang termasuk himpunan dan yang tidak termasuk dalam
himpunan tersebut.
Notasi dan anggota himpunan
Suatu himpunan biasanya diberi nama atau dilambangkan dengan huruf besar (kapital) A, B, C, ..., Z. Adapun benda atau objek yang termasuk dalam himpunan tersebut ditulis dengan menggunakan pasangan kurung kurawal {...}.
Nyatakan himpunan berikut dengan menggunakan tanda kurung kurawal.
a. A adalah himpunan bilangan cacah kurang dari 6.
b. P adalah himpunan huruf-huruf vokal.
c. Q adalah himpun tiga binatang buas.
Penyelesaian:
a. A adalah himpunan bilangan cacah kurang dari 6.Anggota himpunan bilangan cacah kurang dari 6 adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5.Jadi, A = {0, 1, 2, 3, 4, 5}.
b. P adalah himpunan huruf-huruf vokal. Anggota himpunan huruf-huruf vokal adalah a, e, i, o, dan u, sehingga ditulis P = {a, e, i, o, u}.
c. Q adalah himpunan tiga binatang buas. Anggota himpunan binatang buas antara lain harimau, singa, dan serigala.
Jadi, Q = {harimau, singa, serigala}.
Setiap benda atau objek yang berada dalam suatu himpunan disebut anggota atau elemen dari himpunan itu dan dinotasikan dengan € Adapun benda atau objek yang tidak termasuk dalam suatu himpunan dikatakan bukan anggota himpunan dan dinotasikan dengan €
Menyatakan Suatu Himpunan
Suatu himpunan dapat dinyatakan dengan tiga cara sebagai berikut.
a. Dengan kata-kata.Dengan cara menyebutkan semua syarat/sifat keanggotaannya.
Contoh: P adalah himpunan bilangan prima antara 10 dan 40,ditulis P = {bilangan prima antara 10 dan 40}.
b. Dengan notasi pembentuk himpunan. Sama seperti menyatakan himpunan dengan kata-kata, pada cara ini disebutkan semua syarat/sifat keanggotannya. Namun, anggota himpunan dinyatakan dengan suatu peubah. Peubah yang biasa digunakan adalah x atau y.
Contoh: P : {bilangan prima antara 10 dan 40}.Dengan notasi pembentuk himpunan, ditulis P = {10 < x < 40, x bilangan prima}.
c. Dengan mendaftar anggota-anggotanya.
Dengan cara menyebutkan anggota-anggotanya, menulis- kannya dengan menggunakan kurung kurawal, dan anggota- anggotanya dipisahkan dengan tanda koma.
Contoh:  P = {11, 13, 17, 19, 23, 29, 31, 37}
A = {1, 2, 3, 4, 5}
Himpunan Berhingga dan Himpunan Tak Berhingga
Pada bagian depan telah kalian ketahui bahwa banyaknya anggota himpunan A dinyatakan dengan n(A). Jika suatu himpunan dinyatakan dengan mendaftar anggota- anggotanya maka kalian dapat menentukan banyaknya anggota himpunan tersebut. Jika A adalah himpunan bilangan prima kurang dari 13 maka A = {2, 3, 5, 7, 11} dengan n(A) = 5. Himpunan A disebut himpunan berhingga, artinya banyaknya anggota A
berhingga.Jika B = {bilangan asli yang habis dibagi 2} maka B = {2, 4,6, ...}, dengan n(B) = tidak berhingga. Himpunan B disebut himpunan tak berhingga, karena banyaknya anggota B tak berhingga.
Himpunan yang memiliki banyak anggota berhingga disebut himpunan berhingga. Himpunan yang memiliki banyak anggota tak berhingga disebut himpunan tak berhingga.
Ø  Materi pertemuan pembelajaran ke 3 dan 4
·         Himpunan Kosong dan Himpunan Nol
Di bagian depan kalian telah mempelajari mengenai banyaknya anggota suatu himpunan dan notasinya. Apakah setiap himpunan pasti mempunyai anggota? Jika P adalah himpunan persegi yang mempunyai tiga buah sisi maka anggota P tidak ada atau kosong. Himpunan P disebut himpunan kosong (tidak mempunyai anggota), karena jumlah sisi persegi adalah empat. Himpunan kosong adalah himpunan yang tidak mempunyai anggota, dan dinotasikan dengan {   } atau Jika R = {x | x < 1, x C} maka R = {0} atau n(R) = 1.Himpunan R disebut himpunan nol. Anggota himpunan R adalah 0. Jadi, himpunan R bukan merupakan himpunan kosong.
Himpunan nol adalah himpunan yang hanya mempunyai 1anggota, yaitu nol (0).

Himpunan Semesta

Gambar tersebut menunjukkan kelompok buah-buahan yang terdiri atas pisang, jeruk, apel, dan anggur.
Jika P = {pisang, jeruk, apel, anggur} maka semesta pembicaraan dari himpunan P adalah himpunan S = {buah-buahan}.Dengan kata lain, S adalah himpunan semesta dari P. Himpunan Smemuat semua anggota himpunan P Himpunan semesta atau semesta pembicaraan adalah himpunan yang memuat semua anggota atau objek himpunan yang dibicarakan. Himpunan semesta (semesta pembicaraan) biasanya dilambangkan dengan S.
Ø  Materi Pembelajaran (Pertemuan Ke-5 dan ke 6)
Memahami relasi Himpunan
        Himpunan bagian,
perhatikan himpunan-himpunan berikut.
A = {1, 2, 3}
B = {4, 5, 6}
C = {1, 2, 3, 4, 6}
Berdasarkan ketiga himpunan di atas, tampak bahwa setiap anggota himpunan A, yaitu 1, 2, 3 juga menjadi anggota himpunan C. Dalam hal ini dikatakan bahwa himpunan A merupakan himpunan bagian dari C, ditulis A C atau C A.Himpunan A merupakan himpunan bagian B, jika setiap anggota A juga menjadi anggota B dan dinotasikan A    B atau B   A. Sekarang perhatikan himpunan B dan himpunan C.
B = {4, 5, 6} C = {1, 2, 3, 4, 5}Tampak bahwa tidak setiap anggota B menjadi anggota C, karena 6  C. Dikatakan bahwa B bukan merupakan himpunan bagian dari C, ditulis B C. (B C dibaca: B bukan himpunan bagian dari C).Himpunan A bukan merupakan himpunan bagian B, jika terdapat anggota A yang bukan anggota B, dan dinotasikan A   B.
Setiap himpunan A merupakan himpunan bagian dari himpunan
A sendiri, ditulis A A.
        Irisan Dua Himpunan
Cobalah kalian ingat kembali tentang anggota persekutuan dari dua himpunan.Misalkan A = {1,  3, 5, 7 9} B = {2,  3, 5, 7 } Anggota himpunan A dan B adalah anggota himpunan A dan sekaligus menjadi anggota himpunan B = {3, 5, 7}. Anggota himpunan A yang sekaligus menjadi anggota himpunan B disebut anggota persekutuan dari A dan B. mulai dengan huruf J} F = {2, 1, 3}G={x | 10 < x < 20, x bilangan prima} H = {bilangan cacah}I = {bilangan ganjil} J={x | x < 9, x bilangan ganjil}
Selanjutnya, anggota persekutuan dua himpunan disebut irisan dua himpunan, dinotasikan dengan∩ (∩ dibaca: irisan atau interseksi). Jadi, A ∩ B = {3, 5, 7}.
Secara umum dapat dikatakan sebagai berikut. Irisan (interseksi) dua himpunan adalah suatu himpunan yang anggotanya merupakan anggota persekutuan dari dua himpunan tersebut.
Menentukan irisan dua himpunan

1) Himpunan yang satu merupakan himpunan bagian yang lain
Misalkan A = {1, 3, 5} dan B = {1, 2, 3, 4, 5, 6}.Irisan dari himpunan A dan B adalah A∩ B = {1, 3, 5}= A.Tampak bahwa A = {1, 3, 5} B = {1, 2, 3, 4, 5, 6}.Jika A   B, semua anggota A menjadi anggota B. Oleh karena itu, anggota persekutuan dari A dan B adalah semua anggota dari A.
Jika A    B maka A∩B = A.
Ø  Materi pertemuan ke-7 dan ke- 8
Sifat-sifat irisan dan gabungan himpunan
Kalian telah mempelajari bahwa anggota irisan dua himpunan adalah anggota persekutuan himpunan tersebut. Jika A = {1, 2, 3, 4} B = {3, 4, 5}
C = {4, 5, 6} maka A∩ B = {3, 4} dan B A = {3, 4}.Tampak bahwa A B = BA.Sifat ini disebut sifat komutatif irisan.
untuk setiap himpunan A dan B berlaku sifat komutatif irisan AB = B A.
Untuk setiap himpunan A dengan semesta pembicaraan S,berlaku
a. sifat identitas irisanA∩ S = A (himpunan S disebut elemen identitas pada irisan)
b. sifat komplemen irisan A∩A =
Sifat-sifat selisih himpunan
Di depan kalian telah mengetahui bahwa selisih himpunan A dan B adalah himpunan yang anggotanya semua anggota dari A tetapi bukan anggota dari B. Misalkan A = {1, 2, 3, 4, 6, 12}B = {1, 2, 3, 6} C = {1, 2, 4, 8} maka
 A – A = {1, 2, 3, 4, 6, 12} – {1, 2, 3, 4, 6, 12}=
A –  = {1, 2, 3, 4, 6, 12} –
          = {1, 2, 3, 4, 6, 12}
           = A.
Tampak bahwa A – A =   dan A –   = A. Karena A –  = A, maka adalah identitas pada selisih himpunan.
·         Selisih (Difference) Dua Himpunan
Selisih (difference) himpunan A dan B adalah himpunan yang anggotanya semua anggota dari A tetapi bukan anggota dari B. Selisih himpunan A dan B dinotasikan dengan A – B atauA\B.
Catatan:
A – B = A\B dibaca: selisih A dan B. Dengan notasi pembentuk himpunan dituliskan sebagai berikut.
A – B = {x | x A, x B}
B – A = {x | x B, x A}
Diketahui A = {a, b, c, d} dan B = {a, c, f, g}. Selisih A dan B adalah A – B = {a, b, c, d} – {a, c, f, g} =
{b, d}, sedangkan selisih B dan A adalah B – A = {a, c, f, g} – {a, b, c, d} = {f, g}.
·         Komplemen Suatu Himpunan
Komplemen himpunan A adalah suatu himpunan yang anggotaanggotanya merupakan anggota S tetapi bukan anggota A.Dengan notasi pembentuk himpunan dituliskan sebagai berikut.
 = {x | xS dan x A}
E.   Metode Pembelajaran
Tanya-jawab, penugasan individu dan kelompok, diskusi kelompok, dan presentasi.
F.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.  Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan  menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa;
2.  Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita  tentang manfaat belajar himpunan  dalam kehidupan sehari-hari;
3.  Siswa menyimak tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai dalam pertemuan;
4.  Siswa menyimak informasi tentang cara belajar yang akan ditempuh
5.  Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
(Bahan informasi manfaat belajar himpunanr dan daftar pertanyaan apersepsi terlampir)
10 menit
Inti
1.  Mengamati:Secara klasikal siswa mengamati dan mencermati contoh permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan himpunan. Ada tiga contoh permasalahan yang ditampilkan melalui layar LCD.Siswa mengembangkan sikap bersyukur.(Contoh permasalahan terlampir)
10 menit
2.  Menanya:  Siswa didorong untuk mengajukan  pertanyaan terkait hal-hal yang diamati atau dicermati. Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.
10 menti
3.  Mengumpulkan informasi: Secara berkelompok, siswa mengerjakan LKS (Lembar Kerja Siswa) yang terkait dengan  pertanyaan-pertanyaan pada contoh permasalahan yang telah ditampilkan (Bahan LKS terlampir)
15 menit
4.  Mengolah informasi: Melalui diskusi dalam kelompok, siswa menganalisis, menalar, menyimpulkan,  informasi yang telah diperoleh/dikumpulkan melalui LKS dalam rangka memahami  tentang himpunan .  Siswa mengembangkan sikap bertanggungjawab.
15 menit
5.  Mengkomunikasikan: Secara klasikal, siswa wakil kelompok  (minimal dua kelompok) mengkomunikasikan  pemahamannya dengan bahasa sendiri tentang pengertian himpunan. Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.
20 menit
Ice Breaking
5 menit
6.  Mengamati, menanya (dalam diri), mengumpulkan dan mengolah informasi: Secara individu siswa berlatih menyusun dan mengidentifikasi tentang aljabar. Siswa mengembangkan sikap tanggungjawab (Soal latihan terlampir)
10 menit
7.  Mengkomunikasikan:Secara kelompok, siswa saling memeriksa, mengoreksi, berdiskusi  dan memberikan masukan terkait hasil Latihan yang dibawa oleh tiap anggota. Siswa mengembangkan sikap bertanggungjawab dan ingin tahu.
5 menit
8.  Secara klasikal, siswa wakil satu kelompok melaporkan hasil penyelesaian Latihan. Wakil kelompok ditunjuk secara acak. Siswa lain didorong untuk bertanya dan menanggapi.  Umpan balik dan penegasan (konfirmasi) diberikan terhadap hal-hal yang dilakukan atau dikomunikasikan siswa. Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.
5 menit
Penutup
9.  Secara klasikal dan melalui tanya jawab siswa dibimbing untuk merangkum isi pembelajaran yaitu himpunan
10.   Secara individu siswa  melakukan refleksi (penilaian diri) tentang hal-hal yang telah dilakukan selama proses belajar pada pertemuan ke-1. Siswa mengembangkan sikap bersyukur.
11.   Siswa mencermati informasi bahan pekerjaan rumah (PR) (Bahan PR terlampir)
12.   Siswa mencermati Informasi garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu mengidentifikasi unsur-unsur bentuk Aljabar dan dilanjutkan belajar melakukan operasi bentuk Aljabar.
15 menit


G.  Penilaian
1.    Teknik Penilaian:
No
Aspek yang diamati/dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Sikap bersyukur
Penilaian diri

2
Sikap ingin tahu
Pengamatan, Penilaian Diri
Kegiatan inti  dan Penutup
3
Sikap tanggungjawab
Pengamatan, Penilaian Diri
Kegiatan inti  dan Penutup
4
Pengetahuan: Kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar
Penugasan (mengerjakan latihan)
Kegiatan Inti
Tes tertulis
Awal pertemuan ke-2



2.    Bentuk dan Instrumen penilaian, serta Pedoman Penskoran:
Bentuk instrumen pertemuan ke-1 dan pertemuan ke-2
Petunjuk:
1.    Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh menyontek dan tidak boleh bekerjasama.
2.    Setelah selesai
3.    Pilihlah jawaban soal kemudian jawablah pertanyaan/perintah di bawahnya.
Soal:

1.      Nyatakan himpunan berikut dengan menggunakan tanda kurung kurawal.
a. A adalah himpunan bilangan cacah kurang dari 6.
b. P adalah himpunan huruf-huruf vokal.
c. Q adalah himpunan tiga binatang buas.
2. Z adalah himpunan bilangan ganjil antara 20 dan 46. Nyatakan himpunan Zdengan kata-kata, dengan notasi pembentuk himpunan, dan dengan mendaftaranggota-anggotanya.
Pertemuan ke 3 dan ke-4
1. N adalah himpunan namanama bulan dalam setahun yang diawali dengan huruf C. Nyatakan N dalam notasi himpunan.
Pertemuan ke-5 dan ke-6
Diketahui K = {p, q, r, s}.Tentukan himpunan bagiandari K yang mempunyai
a. satu anggota;
b. dua anggota;                   
c. tiga anggota;
d. empat anggota.
Kunci jawaban
Pertemuan ke 1 dan pertemuan ke-2
1.    a. A adalah himpunan bilangan cacah kurang dari 6.Anggota himpunan bilangan cacah kurang dari 6 adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5. Jadi, A = {0, 1, 2, 3, 4, 5}.
b. P adalah himpunan huruf-huruf vokal. Anggota himpunan huruf-huruf vokal adalah a, e, i, o, dan u, sehingga ditulis P = {a, e, i, o, u}.
c. Q adalah himpunan tiga binatang buas. Anggota himpunan binatang buas antara lain harimau, singa, dan serigala. Jadi, Q = {harimau, singa, serigala}.
2. Z adalah himpunan bilangan ganjil antara 20 dan 46.
a. Dinyatakan dengan kata-kata.Z = {bilangan ganjil antara 20 dan 46}
b. Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan.Z = {20 < x < 46, xbilangan ganjil}
c. Dinyatakan dengan mendaftar anggota-anggotanya.Z = {21, 23, 25, ..., 43, 45}.
Pertemuan ke-3 dan pertemuan ke-4
1.             Nama-nama bulan dalam setahun adalah Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, dan Desember. Karena tidak ada nama bulan yang diawali dengan huruf C, maka N adalah himpunan kosong ditulis N= atau N ={   }.

Pedoman Penskoran Hasil Tes:
No Soal
Aspek Penilaian
Rubrik Penilaian
Skor
Skor Maksimal
  1.  
Pilihan jawaban
Benar
10
20
Salah atau tidak ada pilihan jawaban
0
Alasan jawaban
Benar
20
Sebagian besar benar
15
Sebagian kecil benar
5
Tidak ada alasan jawaban
0
  1.  
Jawaban
Benar
10
10
Salah
3
Tidak ada jawaban
0
  1.  
Pilihan jawaban
Jawaban: Ada 
10
20
Jawaban : Tidak ada
3
Tidak ada jawaban
0
Macam jawaban
Benar
10
Salah
3
Tidak ada jawaban
0
  1.  
Pilihan jawaban
Jawaban: Ya
10
25
Jawaban : Tidak
5
Tidak ada jawaban
0
Alasan jawaban
Seluruhnya benar
15
Sebagian besar benar
10
Sebagian kecil benar
5
Tidak ada alasan jawaban
0
  1.  
Macam jawaban
Tiga jawaban benar
15
15
Dua jawaban benar
10
Satu jawaban benar
5
Semua jawaban salah
2
Tidak ada jawaban
0

Skor maksimal =
-
100

Skor minimal =
-
0









Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap (alternatif-1)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester               : VII/1
Tahun Pelajaran               : 2014/2015
Topik                                     :
Waktu Pengamatan        : ..........................................................................

Petunjuk:
1.    Fokus sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam proses pembelajaran pertemuan ke-1 adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok.
2.    Tulislah angka 1, 2, 3, atau 4 pada kolom sikap sesuai hasil pengamatan.
NO
                SIKAP
NAMA
RASA INGIN TAHU
TANGGUNG JAWAB
DLM KELOMPOK
KETERANGAN
1




2




3




4




5




...




32




Keterangan:
1 = kurang konsisten, 2 = mulai konsisten, 3 = konsisten. 4 = selalu konsisten

Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap Pertemuan Ke-1 (alternatif-2)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas                                     :  VII
Tahun Pelajaran               : 2014/2015
Topik                                     : 
Waktu Pengamatan        : ..........................................................................
Petunjuk:
2.    Fokus sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam proses pembelajaran pertemuan ke-1 adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok.
3.    Kriteria perkembangan sikap RASA INGIN TAHU
Sangat baikjika menunjukkan adanya  usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran, cenderung ajeg/konsisten tetapi masih belum terus menerus 
Cukup  jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
Kurangjika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran
4.    Kriteria  perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam kelompok)
Sangat baikjika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok, cenderung ajeg/konsisten tetapi belum terus menerus
Cukup  jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok  tetapi belum ajeg/konsisten
Kurang jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok
5.    Tuliskan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
Nama
Rasa ingin tahu
Tanggungjawab
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1









2









3









...









32









SB = sangat baik    B = baik    C = Cukup    K = kurang baik                                                










Lembar Penilaian Diri:
Mata  Pelajaran         :  Matematika
Nama                             :_______________________________________________________________________
Kelas                              :  VII
Topik                           : 
Tanggal Mengisi         :_______________________________________________________________________
No
Pernyataan
Alternatif
Ya
Tidak
1.                 
Saya bersyukur  atas kesempatan yang diberikan Tuhan dalam mempelajari unsur-unsur bentuk Aljabar sehingga saya dapat mengetahui kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari


2.                 
Saya bersyukur  atas kesempatan berlatih untuk bertanggungjawab menyelesaikan tugas melalui belajar unsur-unsur bentuk Aljabar


3.                 
Saya telah memahami tentang mengidentifikasi unsur-unsur bentuk Aljabar


4.                 
Saya optimis dapat memperbaiki pemahaman saya terhadap hal-hal yang belum saya pahami sepenuhnya dalam belajar tentang mengidentifikasi unsur-unsur bentuk Aljabar


5.                 
Saya akan belajar keras untuk mempelajari  lebih lanjut terkait mengidentifikasi unsur-unsur bentuk Aljabar dan saya yakin akan bisa memahaminya


6.                 
Saya telah berperan aktif dalam kegiatan belajar matematika pada hari ini


7.                 
Saya akan berperan lebih banyak  selama belajar matematika dalam kelompok pada hari-hari yang akan datang  dan saya yakin hal itu bisa saya lakukan



H.  Sumber Belajar
1.       Bahan informasi tentang pengertian dan manfaat belajar Aljabar (file word/Ppt);
2.       Daftar pertanyaan untuk apersepsi;
3.       Contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan unsur-unsur bentuk Aljaba (file word/Ppt);
4.       Bahan untuk lembar kerja siswa;
5.       Bahan latihan;
6.       Bahan pekerjaan rumah;
7.       Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Jilid VII, Kemdikbud, 2013


Katapang, 8 Juli 2014
Guru mata pelajaran


Ida rohayati, S.Pd

NUPTK : 984867676300012

Komentar